Jumat, 25 April 2014

Menstruasi

Di akhir pubertas, sistem reproduksi seorang gadis mulai melepaskan sel telur, sebagai bagian dari periode bulanan yang disebut siklus menstruasi. Sekali dalam sebulan, ketika masa ovulasi, ovarium mengirimkan sel telur ke tuba falopi. Jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma selama masa berada di tuba falopi ini, sel telur akan mengering dan kemudian meninggalkan rahim keluar dari tubuh (kira-kira prosesnya selama 2 minggu). Keluarnya sel telur bersama dengan darah dan jaringan di dalam uterus (rahim) disebut menstruasi. Menstruasi berlangsung 3-5 hari. Menstruasi yang pertama kali disebut menarche.

Menarche
Menarche bisa dialami pada usia 8 th, tapi ada juga yang baru mendapatnya pada usia 15-16th. Hal ini terpengaruh juga oleh faktor genetik. Olahraga terlalu berat (sangat intens), termasuk balet, bisa menjadi faktor terlambatnya menarche. (Jika pada usia 16 th belum mendapat menarche, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter).
Biasanya, siklus menstruasi baru teratur sesudah 2 tahun sejak menarche, karena pada masa-masa awal, tubuh sedang menyesuaikan dengan hormon-hormon. Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari, tapi bisa juga lebih pendek atau lebih panjang, antara 21 – 45 hari. 


SINDROM PRE-MENSTRUASI
Seminggu sebelum datangnya menstruasi, biasanya wanita mengalami rasa tidak nyaman yang dikenal dengan Premenstrual Syndrome (PMS), yaitu gejala fisik dan emosional yang tidak nyaman. Bentuknya bisa berupa tumbuhnya jerawat, kelelahan, kembung, sakit punggung, sembelit, diare, sakit kepala, sakit pada payudara, ingin banyak makan, depresi, mudah marah, sulit berkonsentrasi. Penyebab PMS ini diperkirakan karena adanya perubahan tingkat hormon.
Gejala PMS yang dialami berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada yang sama sekali tidak merasakannya, tapi ada yang benar-benar terganggu karenanya. Perbedaannya kemungkinan terletak pada sensitivitas tubuh terhadap perubahan hormon itu.
Cara mengatasi atau memperingan sindrom pre-menstruasi adalah dengan makan makanan yang sehat, tidur cukup, minum air putih banyak, olahraga.

SAKIT SAAT MENSTRUASI
Pada saat menstruasi (biasanya hari pertama-kedua), wajar jika wanita mengalami kram perut, karena memang terjadi kontraksi pada otot-otot kecil uterus.
Rasa sakit yang dialami dianggap normal jika wanita masih bisa menjalani aktivitas normal selama hari-hari menstruasi itu. Indikasi adanya abnormalitas apabila rasa sakit sangat hebat, sehingga ketika menstruasi, wanita harus berbaring di tempat tidur saja, atau bahkan mengalami pingsan.
Yang bisa dilakukan untuk memperingan rasa nyeri adalah : relaksasi (meditasi atau yoga), mengkompres perut dengan botol berisi air hangat, tidur dengan posisi kaki lebih atas atau tidur miring dengan lutut ditekuk, mandi air hangat, minum air hangat, melakukan olahraga ringan secara teratur (misalnya berjalan kaki). Jika ingin mengkonsumsi obat, bisa menggunakan obat ibuprofen. Kadangkala, dengan mengalihkan perhatian  

SIKLUS MENSTRUASI YANG TIDAK TERATUR
Terkadang, siklus bisa lebih pendek atau lebih panjang. Sehingga mungkin seorang wanita dalam satu bulan tidak menstruasi, tapi bulan berikutnya mengalami menstruasi 2 kali. Penyebabnya adalah tingkat hormon yang berubah-ubah. Kadang juga menstruasi dengan banyak darah, tapi saat menstruasi lainnya darahnya hanya sedikit sekali.
Yang perlu tetap diperhatikan adalah hari pertama menstruasi. Karena sesudah siklus menstruasi teratur, itu bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan tanggal berapa akan mendapat menstruasi lagi (biasanya 4 minggu sesudahnya).


Problem Menstruasi, jenisnya :
  • Dysmenorrhea : menstruasi yang mengakibatkan nyeri hebat.
  • Menorrhagia : menstruasi dengan keluarnya darah sangat banyak dengan masa menstruasi lama (lebih dari 7 hari).
  • Oligomenorrhea : menstruasi tidak teratur.
  • Amenorrhea : tidak mendapat menstruasi, mungkin juga sudah pernah mendapat, namun kemudian berhenti.


1 komentar:

  1. Sports toto | Tote 100 | Sports toto - Sporting 100
    Find out what works well in 토토 사이트 도메인 Tote. With a high degree of expertise, we want to help you create your own unique vision, and to help you succeed in

    BalasHapus