Jumat, 25 April 2014

Pemeriksaan Testis Sendiri

Pemeriksaan testis sendiri adalah sebuah cara untuk mengecek sendiri testis guna memastikan tidak adanya benjolan yang pantas dicurigai yang merupakan tanda awal kanker testis. Kanker testis pada remaja sebenarnya jarang terjadi, namun kanker testis merupakan jenis kanker yang paling banyak terjadi pada pria dengan rentang usia 15-35 tahun.
Penting untuk melakukan pemeriksaan testis sendiri setiap bulan. Dengan rutin melakukan pemeriksaan testis sendiri, kamu juga akan menjadi tidak asing dengan ukuran dan bentuk testismu sendiri, sehingga kalau nanti terjadi suatu perubahan abnormal, kamu akan cepat menyadarinya.

Cara melakukan pemeriksaan testis sendiri :
  • Lakukan pemeriksaan testis sewaktu mandi atau sesudah mandi air hangat. Pada saat ini, skrotum (kantung testis) berada pada kondisi rileks, sehingga mudah untuk diperiksa.
  • Periksa satu testis terlebih dahulu. Gunakan dua tangan untuk memegang satu testis, dengan posisi kedua ibu jari di atas dan jari-jari lain di bawah. Kemudian dengan lembut menekan testis, dari pangkal bergerak ke arah depan.
  • Pada saat ini kamu akan bisa merasakan epididimis (saluran yang membawa sperma), yang terasa lembut, seperti tali yang empuk, yang letaknya di atas bagian belakang tiap testis. Ini adalah benjolan yang normal.
  • Testis yang satu ukurannya sedikit lebih besar daripada testis yang lain, dan ini adalah hal yang normal.
  • Ketika melakukan pemeriksaan, rasakan apakah ada benjolan. Benjolan bisa hanya seukuran beras atau kacang polong.

Jika kamu menemukan adanya benjolan tersebut, pembengkakan, perubahan ukuran atau warna pada testis, ada daerah yang sakit waktu diraba, atau apabila ada rasa sakit yang kamu rasakan di daerah selangkangan, kamu perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Tidak semua benjolan merupakan kanker, akan tetapi harus segera dipastikan penyebabnya sehingga mendapat penanganan yang tepat sesegera mungkin. Kanker testis yang terdeteksi awal kemungkinan besar (hampir selalu) bisa disembuhkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar